Wisata Kawah Putih Bandung, Asal Usul Dan Harga Tiket

Kawah Putih Bandung merupakan salah satu tujuan wisata di kawasan yang dijuluki “Kota Kembang”. Kawah Putih menawarkan kawah cantik berwarna putih kehijauan dan merupakan tempat wisata alam yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Bandung.

Terletak di Ciwidey, daerah ini memiliki suhu yang lebih sejuk dibandingkan Bandung. Dari pusat kota, Kawah Putih berjarak sekitar 50 km ke arah selatan. Memasuki kawasan wisata ini, Anda akan dapat menikmati keindahan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi.

Bacaan Lainnya

Danau Kawah Putih sendiri berada di ketinggian 2194m, namun luas total Danau Kawah Putih adalah 25 hektar, dan yang digunakan untuk tempat pariwisata adalah 5 hektar, dan lokasi kawahnya sendiri adalah 3 hektar.

Meski dipenuhi dengan keindahan alam yang memukau, Kawah Putih memiliki bau belerang yang menyengat. Oleh karena itu, sebelum mengunjungi kawasan ini pastikan untuk memakai masker atau penutup hidung untuk mengurangi bau menyengat yang berasal dari belerang.

Perairannya yang biru jernih berubah sesuai kondisi cuaca dan dilapisi dengan pasir putih halus, memberi pengunjung pengalaman tersendiri.

Selain keindahan yang bisa dinikmati oleh wisatawan, Kawah Putih juga sering menjadi tempat kegiatan lain seperti fotografi, melukis, foto pernikahan, hiking dan menunggang kuda.

Asal Usul Kawah Putih Bandung

Asal Usul Kawah Putih diketahui berawal pada abad ke 10. Dahulu pernah terjadi letusan Gunung Patuha yang sangat dahsyat. Pasca meletusnya gunung tersebut, terjadilah kejadian aneh yaitu jika sekumpulan burung terbang melewati area Kawah Putih pasti akan mati. Karena itu, pada saat itu, kawasan tersebut diyakini oleh penduduk setempat sebagai kawasan angker.

Baca Juga :  Gunung Wilhelm dan 5 Tempat Wisata di Papua Nugini

Kabar kemegahan Gunung Patuha sampai ke telinga ilmuwan Belanda dr. Franz Wilhelm Junghen. diketahui saat itu Dr. Franz Wilhelm Junghuhn tinggal di daerah Priangan pada saat mengembangkan tanaman kina. Dr. Junghuhn dan beberapa penduduk setempat mengungkap legenda yang membuat orang menjadi enggan untuk mendaki Gunung Patuha. Dan Dr. Junghuhn pun menemukan alasan kematian burung yang melintasi Gunung Patuha, Ternyata Kawah di puncak gunung tersebut ternyata mengeluarkan bau belerang yang menyengat.

Walaupun Kawah Putih sudah dikenal sejak lama, masyarakat Indonesia baru menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata pada tahun 1987 pada masa pemerintahan rezim baru melalui PT Perhutani (Persero) Unit III Jawa Barat.

Fasilitas di Kawasan

  • Toilet
  • Angkutan ontang-anting
  • Transportasi dari gerbang depan sampai dengan kawah
  • Dermaga Ponton
  • Sky Walk
  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Shelter
  • Warung makan, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Pusat informasi

Setelah penemuan tersebut, pada masa penjajahan Belanda dibangunlah sebuah pabrik belerang bernama Zwavel Ontgining Kawah Putih dan Saat Indonesia dijajah Jepang, pabrik tersebut masih beroperasi tetapi namanya diubah menjadi Kawah Putih Kenzaka Gokoya Ciwidey.

Jam Operasional Kawah Putih

Kawah Putih Bandung bisa dikunjungi wisatawan mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Pastikan Anda berkunjung pada jam-jam tersebut agar bisa menikmati pesona indah kawah berwarna putih kehijauan di bawah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi.

Untuk mengunjungi objek wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Anda juga bisa menggunakan transportasi umum, karena ada dua jenis bus yang menuju ke kawasan ini. Bus pertama yang bisa kamu naiki adalah No. 04 di Jalan Mahmud-Tegalija dan Bus No. 26 di Jalan Surang-Lewi Panjang.

Baca Juga :  Gunung Wilhelm dan 5 Tempat Wisata di Papua Nugini

Harga Tiket Kawah Putih

Anda bisa melihat keindahan kawah di bawah gunung berapi ini dengan membeli tiket mulai dari Rp. 26.000,00! Tentunya akan ada perbedaan harga tiket masuk Kawah Putih bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Lihat detail tiket Kawah Putih di bawah ini!

  • Tiket wisatawan lokal: Rp30.000,00;
  • Tiket wisatawan mancanegara: Rp30.000,00;
  • Tiket terusan Kawah Putih untuk wisatawan lokal: Rp40.000,00;
  • Tiket terusan Kawah Putih untuk wisatawan mancanegara: Rp94.000,00;
  • Tiket terusan + ontang-anting untuk wisatawan lokal: Rp54.000,00;
  • Tiket terusan + ontang-anting untuk wisatawan mancanegara Rp108.000,00;
  • Tiket roda empat ke Jasresi atau pusat kawah: Rp165.000,00.

 *Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek katalog paket halaman ini untuk harga lebih update.

Kesimpulan

Jadi mau kemana akhir pekan ini? Jika Anda belum memiliki rencana berwisata, Kawah Putih yang terletak di kawasan wisata Ciwidey Bandung ini bisa menjadi tujuan wisata yang menyenangkan. dan Munkin anda ingin mencoba pergi ke Gunung Wilhelm dan 5 Tempat Wisata di Papua Nugini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar