8 Software CMMS Terbaik

Software CMMS

CMMS atau Computerized Maintenance Management System, menghemat waktu dan uang serta mengurangi dokumen melalui manajemen aset yang tepat.

Software ini digunakan oleh perusahaan dengan banyak aset terutama untuk manajemen pemeliharaan preventif, manajemen perintah kerja, dan manajemen aset. Ini menawarkan fitur utama seperti meningkatkan keandalan aset, mengurangi waktu henti peralatan yang tidak direncanakan, dan menciptakan strategi pemeliharaan preventif yang efektif.

Apa itu Software CMMS?

CMMS adalah solusi Software untuk membantu perusahaan mengelola, mengotomatisasi, merencanakan, melacak, dan mengoptimalkan semua proses pemeliharaan secara digital. Mengotomatiskan beberapa proses dalam organisasi padat aset untuk meningkatkan efisiensi dengan menghilangkan dokumen yang berat.

Ini adalah Software web dan seluler terpusat yang penting untuk bisnis seperti konstruksi, produksi minyak dan gas, manufaktur, transportasi, dll. CMMS berisi semua informasi pemeliharaan seperti pesanan pembelian, perintah kerja , aset, catatan, riwayat pekerjaan, vendor, dan laporan pemeliharaan dalam satu platform. Ini membantu industri di mana infrastruktur fisik diperlukan untuk mengoptimalkan ketersediaan dan pemanfaatan semua peralatan fisik.

CMMS vs. Manajemen Aset Perusahaan (EAM)

Sistem CMMS dan EAM sering dikacaukan karena memiliki fungsi, fitur, dan aplikasi yang sama. CMMS terutama berfokus pada penyediaan solusi pemeliharaan untuk bisnis, sementara EAM adalah solusi yang lebih luas dan komprehensif untuk mengelola dan melacak seluruh siklus hidup aset.

Mari kita bahas perbedaan mereka secara rinci:

parameterCMMS (Sistem Manajemen Pemeliharaan Terkomputerisasi)EAM (Manajemen Aset Perusahaan)
DefinisiSoftwareCMMS adalah alat yang membantu dalam memantau dan mengelola operasi pemeliharaan.Sistem EAM membantu perusahaan melacak seluruh siklus hidup aset.
Tujuan UtamaTujuan utama dari alat CMMS adalah untuk memantau kondisi suatu aset dan membantu dalam proses pemeliharaan.Tujuan utama dari sistem EAM adalah optimalisasi dan pemanfaatan total aset sekaligus mengurangi biaya.
Fitur UtamaPemeliharaan preventif, manajemen inventaris, manajemen proyek, pemeliharaan yang berfokus pada keandalan, dll.Pelacakan aset, pemantauan kondisi, manajemen anggaran, manajemen inventaris, manajemen proses, manajemen proyek, pemantauan energi, dll.
PenggunaTim operasi dan pemeliharaan menggunakan Software.Pemeliharaan, keuangan, kepatuhan, operasi, dan tim produksi menggunakan sistem tersebut.
PenerapanCMMS hanya memiliki satu siklus implementasi.EAM memiliki siklus implementasi multi-fase.
Pengambilan keputusanDilakukan oleh tim operasi dan pemeliharaan.Ini dilakukan oleh tim manajemen, operasi, dan pemeliharaan tingkat C.
Ideal untuk BisnisBisnis banyak berinvestasi dalam aset fisik seperti jaringan listrik, pabrik manufaktur, menara komunikasi, dll.Bisnis intensif aset yang berfokus pada pengelolaan siklus hidup aset seperti pemerintah dan pertahanan, energi dan utilitas, manufaktur, dll.
MMS vs EAM

Pemiliohan Software CMMS yang Ideal

CMMS menawarkan beberapa fungsi untuk mengelola operasi pemeliharaan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa fitur penting dari CMMS yang ideal:

Baca Juga :  Dapatkan Akun Canva Pro Gratis dengan Mudah

Manajemen Aset

Bagi perusahaan yang menggunakan aset secara intensif, data aset mereka harus selalu dapat diakses. Saat itulah CMMS berperan. Ini membantu perusahaan mengelola aset dan peralatan mereka secara real time dan juga membantu memperpanjang siklus hidup mereka.

Dengan CMMS, perusahaan dapat memanfaatkan asetnya dengan sebaik-baiknya. Software menyimpan persyaratan inspeksi, pembacaan meter, catatan perawatan, poin kalibrasi, dll.

Manajemen Perintah Kerja

CMMS menyimpan data tentang setiap bagian dari peralatan, seperti kapan akan membutuhkan perawatan dan bagian mana yang stoknya sedikit atau tidak tersedia. Software kemudian membuat perintah kerja sesuai dengan jadwal Anda dan juga bereaksi terhadap setiap perubahan pesanan yang dibuat oleh tim.

Fitur perintah kerja CMMS membantu memprioritaskan permintaan pekerjaan, dan fitur ini membantu melacak perencanaan, penjadwalan, dan pemenuhan setiap permintaan pekerjaan secara efektif.

Pemeliharaan Preventif

adalah pemeliharaan preventif Program CMMS memastikan bahwa Anda memanfaatkan sepenuhnya setiap peralatan dengan memperpanjang siklus hidupnya. Membantu mencegah kerusakan peralatan dan mengurangi biaya perbaikan darurat dengan mengelola pemeliharaannya.

Fitur CMMS yang mendukung pemeliharaan preventif adalah manajemen inspeksi, daftar periksa pemeliharaan preventif, pengaturan interval pemeliharaan, pemeliharaan kinerja, dan deteksi kegagalan.

Manajemen Persediaan

Software CMMS yang baik akan membantu dalam manajemen stok dan inventaris , dan akan membantu melacak peralatan apakah tersedia dalam stok atau tidak dan membantu melakukan pemesanan yang sesuai. Jika manajemen inventaris dilakukan pada saat itu, fungsi lain seperti manajemen perintah kerja dan pemeliharaan peralatan juga dilakukan secara efektif.

Fungsi CMMS yang membantu manajemen inventaris adalah manajemen informasi pemasok, metrik tingkat stok, penghitungan siklus, bill of material (BOM), dan alokasi inventaris.

Manajemen Pemasok

Alat CMMS tidak hanya membantu manajemen aset dan inventaris, tetapi juga membantu manajemen vendor. Menyimpan informasi pemasok seperti detail kontak untuk diakses manajer. Software ini telah merancang template untuk melakukan pemesanan dengan pemasok bila diperlukan.

Baca Juga :  Kesuitan Menemukan Ide Bisnis? Gunakan AI Untuk Mempermudah nya

Menghemat waktu karyawan dengan menyimpan informasi vendor dan membantu menyelesaikan perintah kerja. Software CMMS terbaik melacak pesanan dari saat ditempatkan dengan pemasok hingga saat dikirimkan, mengirimkan pemberitahuan ke setiap pemasok saat pesanan baru dilakukan.

Laporan dan Statistik

Laporan dan Statistik Software CMMS

CMMS memiliki fitur pelaporan dan statistik untuk melacak dan menganalisis status saat ini, produktivitas, biaya pemeliharaan, dll. dari aset. Tim dapat dengan mudah mengelola aset, melacak masalah, dan mengambil keputusan berdasarkan laporan yang dibuat oleh CMMS.

Fitur pelaporan CMMS mencakup pelaporan, pembuatan KPI, pelaporan situs kegagalan, dan audit laporan. Tim CMMS dapat memeriksa statistik seperti total biaya perbaikan, total waktu henti aset, inventaris yang tersedia, perintah kerja yang tertunda dan selesai, dll.

Apa Keuntungan Menggunakan Software CMMS?

  • Software CMMS membantu Anda merencanakan dan mengelola inspeksi dan tugas pemeliharaan preventif . Ini membantu menangkap masalah kecil dengan setiap aset atau peralatan lebih awal dan memperbaikinya sebelum memberikan kesempatan untuk menjadi sesuatu yang besar. Ini, pada gilirannya, membantu Anda menghemat uang dengan memperbaiki masalah lebih awal.
  • Kadang-kadang, bahkan setelah melakukan semua tindakan pencegahan, ada yang tidak beres, dan di sini CMMS bertindak sebagai pemeliharaan reaktif. Ini membantu perusahaan untuk bereaksi lebih cepat dengan menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti.
  • CMMS membantu melacak inventaris MRO. Kesalahan kecil dapat menunda proses perbaikan dan menghambat tugas lain jika suku cadang tidak dikirimkan oleh pemasok tepat waktu. Software mengontrol inventaris dan menyimpan informasi tentang suku cadang yang Anda miliki dan apa yang mungkin perlu Anda pesan.
  • CMMS membantu mengurangi biaya pemesanan komponen perbaikan dalam semalam saat terjadi kegagalan. Ketika Anda tahu bagian mana yang tidak Anda miliki, Anda dapat memesannya lebih awal sehingga tersedia pada saat krisis dan Anda tidak perlu membayar ekstra untuk mengirimkannya dalam semalam.
  • CMMS yang ideal membantu Anda memanfaatkan data yang Anda simpan dan membuat keputusan yang lebih baik. Anda tahu peralatan apa yang memerlukan pemeliharaan pada jam berapa, dan Anda dapat mempercayai data yang disimpan dalam Software dan mengambil tindakan yang sesuai.

8 Software CMMS Terbaik

MaintainX

MaintainX Software CMMS Terbaik

MaintainX adalah salah satu Software CMMS paling populer dan direkomendasikan yang tersedia di pasaran. Software ini digunakan oleh merek-merek seperti McDonald’s, Marriott, Hilton Hotels, dll. Ini membantu perusahaan meningkatkan komunikasi harian dalam departemen pemeliharaan dan mengelola sejumlah besar. barang dan peralatan. 

Baca Juga :  Kelola Semua Managemen Bisnis Anda Dengan Paymo

Fitur Utama MaintainX

  • Perintah kerja tidak terbatas
  • aset tak terbatas
  • Aplikasi seluler yang sangat responsif
  • Alur kerja kolaborasi
  • Templat pembuatan formulir

Bisnis lebih memilih MaintainX karena fiturnya yang luar biasa dan berbagai kasus penggunaan.

Smartsheet

Smartsheet Software CMMS Terbaik

SmartSheet adalah alat CMMS berbasis cloud yang tangguh dengan fitur otomatis dan mudah digunakan. Ini membawa fungsionalitas tambahan seperti pemindaian barcode, manajemen dokumen, dan alat kolaborasi. 

Fitur utama Smartsheet :

  • Laporan data waktu nyata
  • manajemen persediaan
  • akses seluler
  • Manajemen kalibrasi
  • Pemeliharaan preventif
  • Pelacakan riwayat layanan

Smartsheet adalah yang terbaik untuk bisnis yang mencari fitur otomasi dan fitur pemeliharaan berbasis proyek.

Limble CMMS

Limble CMMS Software CMMS Terbaik

Limble CMMS adalah platform yang berpusat pada pengguna yang dirancang untuk membantu aplikasi pekerjaan dan tugas lain menggunakan ponsel. Aplikasi ini tersedia untuk penerapan lokal dan cloud.

Fitur utama Limble:

  • Perintah kerja
  • Pemeliharaan preventif
  • Permintaan kerja dan tindak lanjut
  • manajemen pemasok
  • Laporan dan dasbor khusus
  • manajemen persediaan

Limble adalah yang terbaik untuk organisasi kecil dan besar yang ingin beralih dari program perawatan reaktif ke preventif.

Upkeep

Upkeep adalah Software CMMS siap seluler yang populer digunakan untuk bisnis seperti manufaktur, manajemen properti, transportasi, dll. Software ini menawarkan kode QR dan pembacaan meter beserta fungsi lainnya.

Fitur Pemeliharaan Utama:

  • Perintah kerja dan permintaan
  • Pelacakan waktu dan biaya
  • manajemen persediaan
  • Daftar Periksa Pemeliharaan
  • pelacakan penyusutan
  • Otomatisasi alur kerja

Pemeliharaan ideal untuk layanan lapangan teknis dan tim manajemen pemeliharaan

Fiix

Fiix Software CMMS Terbaik

Fiix adalah alat CMMS berkemampuan AI yang membantu manajemen pemeliharaan dan produktivitas. Solusi Software yang sempurna untuk bisnis yang tidak memerlukan fitur kompleks. 

Fitur utama Fiix CMMS:

  • Manajemen aset
  • Manajemen perintah kerja
  • Laporan
  • Manajemen suku cadang dan persediaan.

Jika Anda mencari yang terjangkau dan salah satu Software CMMS terbaik untuk mengelola aset dan perintah kerja serta membantu menghasilkan laporan, maka Fiix harus menjadi pilihan Anda.

EZOfficeInventory

EZOfficeInventory Software CMMS Terbaik

EZOfficeInventario adalah Software pelacakan dan pemeliharaan aset yang sangat baik. Software ini membantu melacak seluruh siklus hidup aset dan akibatnya merampingkan alur kerja.

Fitur utama EZOfficeInventory:

  • Manajemen kalibrasi
  • akses seluler
  • manajemen persediaan
  • Manajemen Teknisi
  • Pelacakan riwayat layanan
  • Pemeliharaan preventif

Alat CMMS ini membantu mengelola aset terlepas dari lokasinya dengan Software.

Cryotos

Cryotos Software CMMS Terbaik

Cryotos adalah aplikasi seluler pertama yang membantu menjadwalkan aktivitas pemeliharaan dan mengotomatiskan alur kerja menggunakan fitur kalender/penjadwalnya. Platform ini memiliki daftar periksa dan template yang tersedia untuk memproses perintah kerja secara efektif.

Fitur utama Cryotos:

  • lamaran pekerjaan
  • Perintah kerja
  • Pemeliharaan preventif
  • persediaan suku cadang
  • Daftar periksa dan inspeksi
  • Alur kerja proses yang dapat disesuaikan
  • laporan intelijen bisnis

Software ini terbaik untuk para profesional yang membutuhkannya saat bepergian untuk mengelola alur kerja.

Hippo

Hippo adalah salah satu Software CMMS berbasis web ramah pengguna terbaik yang tersedia. Pengguna Hippo tidak perlu paham teknologi karena antarmuka yang sederhana dan implementasi berbasis web.

Fitur utama Hippo CMMS:

  • Manajemen tim
  • Pemeliharaan prediktif
  • Manajemen perintah kerja
  • Manajemen persediaan dan suku cadang
  • manajemen pemasok
  • laporan perawatan

Software ini paling baik untuk bisnis pemeliharaan dan layanan kecil hingga menengah yang ingin tumbuh di berbagai lokasi.

Kesimpulan

CMMS adalah solusi terbaik untuk bisnis padat aset apa pun untuk melacak dan mengelola asetnya secara efektif. Pilih Software CMMS setelah mencoba beberapa dari daftar di atas untuk mengetahui mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran bisnis Anda.

Untuk menghadirkan lebih banyak visibilitas dan kontrol ke bisnis Anda, lihat beberapa Solusi Operasional Bisnis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *