Mengatasi Error 404 Page Not Found Pada WordPress

Cara Mengatasi Error 404 Page Not Found Pada Wordpress

Mengatasi Error 404 Page Not Found Pada WordPress Anda dapat membantu mengurangi rasio penurunan trafik dan memungkinkan pengguna menemukan konten bermanfaat lainnya di situs web Anda.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengatasi Error 404 page not found Pada WordPress

Cara Mengatasi Error 404 Page Not Found Pada WordPress

Mengapa Harus Redirect Error 404 Page Not Found Pada WordPress

Saat pengguna mencoba mengunjungi halaman yang tidak ada di situs web WordPress Anda, WordPress akan menampilkan halaman Error 404 Page Not Found Pada WordPress

Kata-kata dan tampilan halaman ini dapat bervariasi tergantung pada tema yang Anda gunakan.

 Halaman Error 404 Page Not Found Pada WordPress

Sebagian besar pengguna yang membuka halaman error 404 page not found pada wordpress akan segera meninggalkan situs Anda. Ini dapat meningkatkan rasio pentalan Anda secara keseluruhan dan berdampak negatif pada peringkat mesin telusur Anda.

Itu sebabnya Anda harus meluangkan waktu untuk membuat halaman error 404 page not found pada wordpress khusus. Namun, hingga Anda melakukannya, Anda dapat mengambil pintasan di tutorial ini dan mengarahkan pengguna ke beranda.

Di dunia yang sempurna, Anda juga akan mengarahkan ulang permintaan error 404 page not found pada wordpress tertentu ke halaman yang paling relevan.

Karena itu, mari kita lihat cara mengalihkan semua kesalahan error 404 page not found pada wordpress ke beranda Anda. Kami akan membahas dua metode dan juga menunjukkan kepada Anda cara membuat pengalihan khusus untuk masing-masing halaman:

Metode 1 : Alihkan Semua Error 404 Page Not Found Pada WordPress

Untuk metode ini, kita akan menggunakan Semua dalam Satu SEO untuk WordPress (AIOSEO). Ini adalah plugin SEO WordPress terbaik yang memungkinkan Anda mengatur pengalihan, mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari, dan banyak lagi.

Baca Juga :  4 AI untuk SEO Terbaik 2024

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan All in One SEO (AIOSEO). Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan langkah demi langkah kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah plugin diaktifkan, Anda harus pergi ke Semua dalam Satu SEO ┬╗Pengalihan.

Jika Anda belum menyiapkan pengalihan, Anda harus mengklik tombol ‘Aktifkan Pengalihan’.

Mengaktifkan Redirect di All in One SEO

Ini akan menginstal modul Pengalihan All in One SEO.

Selanjutnya, Anda perlu mengklik tab ‘Pengaturan’ di bagian atas halaman. Halaman ini memungkinkan Anda mengonfigurasi pengalihan di AIOSEO.

Halaman Pengaturan Pengalihan AIOSEO

Anda perlu menggulir halaman ke bawah hingga menemukan bagian ‘Advanced 404 Settings’. Aktifkan bagian ini hanya dengan mengklik tombol sakelar sehingga berubah menjadi biru.

Sekarang Anda akan dapat melihat beberapa pengaturan lagi. Anda harus mengalihkan tombol ‘Aktifkan pengalihan 404 default’ ke posisi aktif. Setelah itu, pastikan opsi ‘Halaman Beranda’ dipilih.

Mengaktifkan Pengalihan 404 Default di AIOSEO

Perhatikan bahwa ada juga opsi ‘Custom URL’. Ini memungkinkan Anda untuk mengalihkan 404 kesalahan ke posting atau halaman mana pun. Jangan lupa klik tombol ‘Simpan Perubahan’ di bagian atas atau bawah halaman untuk menyimpan pengaturan Anda.

Sekarang ketika pengunjung Anda mencoba mengunjungi URL di situs web Anda yang tidak ada, mereka akan dibawa ke halaman beranda alih-alih melihat halaman 404 default.

Metode 2: Alihkan Semua Error 404 Page Not Found Pada WordPress ke Halaman Beranda Menggunakan Kode

Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan plugin, Anda dapat menggunakan cuplikan kode sederhana untuk mengalihkan semua halaman Error 404 Page Not Found Pada WordPress ke beranda.

Dalam metode ini, Anda perlu menambahkan kode ke file WordPress Anda. Jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, lihat panduan pemula kami tentang menyisipkan cuplikan dari web ke WordPress. Anda mungkin juga ingin melihat panduan kami untuk hierarki template tema WordPress.

Baca Juga :  Memeriksa Optimasi SEO untuk Situs Web Anda dengan Mudah

Pertama, Anda perlu membuat file baru di folder tema WordPress Anda dan beri nama 404.php. Jika tema Anda sudah memiliki 404.php file, maka Anda harus mengedit file itu sebagai gantinya.

Untuk mengedit file ini, Anda perlu terhubung ke akun hosting WordPress Anda dengan klien FTP atau alat pengelola file mereka.

File ftp 404 php

Setelah Anda terhubung ke situs web Anda, Anda akan dapat melihat 404.php file di folder tema WordPress Anda.

Anda perlu menambahkan kode berikut sebagai baris pertama di 404.php mengajukan:

<?php
header("HTTP/1.1 301 Moved Permanently");
header("Location: ".get_bloginfo('url'));
exit();
?>

Selanjutnya, simpan 404.php file dan unggah kembali ke direktori tema Anda menggunakan FTP atau panel kontrol hosting Anda.

Sekarang, ketika halaman tidak ditemukan maka pengunjung akan dialihkan ke halaman beranda WordPress Anda.

Bonus: Mengatur Error 404 Page Not Found Kustom Dengan AIOSEO

Cara terbaik dan paling SEO-friendly untuk menangani Error 404 Page Not Found Pada WordPress adalah mengarahkan pengunjung ke halaman yang paling relevan, bukan hanya halaman beranda Anda.

Itu Semua dalam Satu SEO Fitur Pengalihan plugin juga dapat melacak semua error 404 page not found pada wordpress dan memungkinkan Anda mengatur pengalihan cerdas error 404 page not found pada wordpress di halaman WordPress.

Jika Anda menginstal dan mengaktifkan AIOSEO ketika Anda mengikuti Metode 1, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah menavigasi kembali ke Semua dalam Satu SEO ┬╗Pengalihan halaman dan klik pada tab ‘Pengaturan’.

Selanjutnya, gulir ke bawah hingga Anda melihat bagian ‘Log’. Log 404 Anda adalah catatan URL yang coba digunakan pengunjung Anda untuk mengunjungi halaman yang sudah tidak ada lagi di situs Anda.

Baca Juga :  Panduan SEO WordPress Terbaik Untuk Pemula

Pastikan ‘404 Logs’ diaktifkan sehingga terlihat biru. Anda juga dapat memilih berapa lama Anda ingin plugin merekam log Anda dengan memilih periode waktu dari menu tarik-turun.

Aktifkan 404 log

Jangan lupa klik ‘Simpan Perubahan’ sebelum melanjutkan.

Setelah itu, Anda dapat mengklik opsi menu ‘404 Logs’ untuk melihat halaman 404 yang terakhir diakses.

Ingat, karena Anda baru saja mengaktifkan logging, mungkin tidak langsung menampilkan apa pun. Anda mungkin perlu menunggu hingga 24 jam sebelum melihat wawasan yang berguna di sana.

Klik opsi menu log 404

Kolom ‘URL’ akan menampilkan halaman yang coba dikunjungi pengguna tetapi tidak ada.

Anda dapat mengalihkan salah satu URL ini ke laman yang ada dengan mengeklik tautan ‘Tambahkan Pengalihan’ di kolom ‘Pengalihan’. Ini akan membuka dropdown di mana Anda dapat memasukkan informasi redirect Anda.

Untuk hasil terbaik, Anda harus memasukkan halaman yang paling relevan untuk kueri asli di kotak ‘URL Target’, lalu klik ‘Tambahkan Pengalihan’.

Tambahkan pengalihan halaman beranda

Misalnya, jika Anda menghapus tutorial tentang cara memulai blog WordPress dan kemudian menulis yang baru, sebaiknya alihkan URL lama itu ke entri blog baru daripada beranda Anda.

Untuk menambahkan beberapa pengalihan error 404 page not found pada wordpress, cukup ikuti langkah yang sama seperti di atas.

Ingat, umumnya, Anda tidak ingin mengalihkan halaman error 404 page not found pada wordpress ke halaman beranda selamanya. Ini adalah solusi sementara yang bagus sampai Anda membuat desain halaman error 404 page not found khusus yang akan mengonversi lebih baik atau menyiapkan pengalihan individu yang membawa pengguna ke halaman relevan yang memang ada.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara mengarahkan ulang error 404 page not found pada wordpress Anda. Anda mungkin juga ingin membaca Panduan SEO WordPress Terbaik Untuk Pemula

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *