8 Cara Atasi Gboard Tidak Berfungsi

Di dunia digital saat ini, dikte telah menjadi salah satu fitur penting bagi banyak pengguna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan fitur yang diimplementasikan pada smartphone Android melalui aplikasi Gboard, fitur ini kini menjadi pilihan utama bagi orang-orang yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mengetik kalimat atau frasa. Mesin pengetikan suara Google yang disematkan di Gboard adalah fitur luar biasa yang dapat mengubah ucapan Anda menjadi teks secara real-time. Namun, fiturnya tidak sempurna dan sering kali Anda menyadari bahwa Pengetikan Suara Gboard tidak berfungsi dengan benar atau memberikan tanggapan yang salah terhadap perintah suara Anda.

Seperti inovasi teknologi lainnya, Gboard tidak kebal terhadap gangguan dan malfungsi. Saat fitur pengetikan suara Gboard gagal berfungsi dengan baik, banyak pengguna yang merasa tidak nyaman karena mengandalkan fitur ini untuk menyelesaikan berbagai tugas, termasuk namun tidak terbatas pada menulis email, menulis teks, atau mendiktekan catatan. Terkadang fitur mungkin berhenti bekerja secara tiba-tiba atau memberikan keluaran tekstual yang salah. Masalah-masalah ini dapat secara signifikan menghambat produktivitas dan komunikasi, menyebabkan frustrasi besar bagi pengguna yang bergantung pada pengetikan suara untuk input teks yang efisien dan akurat.

Masalah Pengetikan Suara Gboard tidak berfungsi dapat disebabkan oleh beberapa alasan sensitivitas mikrofon yang tidak memadai, konflik driver audio, atau pengaturan mikrofon yang salah. Masalah konektivitas jaringan, seperti sinyal Wi-Fi atau data seluler yang lemah, juga dapat menghambat fungsi pengetikan suara Gboard, karena bergantung pada pengenalan suara berbasis cloud berdasarkan beberapa model data Kecerdasan Buatan dan pembelajaran Mesin. Terkadang masalah mungkin muncul karena aplikasi dan skrip pihak ketiga yang dipasang di perangkat Anda.

Perbaiki Pengetikan Suara Gboard Tidak Berfungsi

Perbaiki: Pengetikan Suara Gboard Tidak Berfungsi

Fitur pengetikan suara Google Gboard adalah mesin masuk ke suara-ke-teks yang memungkinkan pengguna mendikte kata dan kalimat alih-alih mengetiknya. Namun, fitur tersebut mungkin tidak berfungsi dalam beberapa skenario, terutama ketika Anda menginstal beberapa aplikasi keyboard pihak ketiga. Jika Anda juga menghadapi masalah serupa, jangan khawatir dan ikuti metode pemecahan masalah di bawah ini untuk memperbaikinya di perangkat Anda.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Penurunan Lalu Lintas Organik

Metode 1: Mulai Ulang Ponsel Cerdas

Terkadang masalah Pengetikan Suara Gboard tidak berfungsi hanya bersifat sementara dan dapat diperbaiki hanya dengan memulai ulang perangkat Anda. Seringkali, karena kegagalan fungsi teknis atau karena masalah izin pada mikrofon, aplikasi Gboard mungkin tidak berfungsi dengan benar. Tetapi begitu Anda me-restart ponsel cerdas Anda, semua masalah kecil seperti itu hilang dengan mudah.

Metode 2: Periksa Koneksi Internet

Fitur teks ke suara yang Anda gunakan di aplikasi Gboard secara langsung bergantung pada server pemrosesan bahasa alami melalui cloud. Jadi jika Anda memiliki koneksi internet yang tidak stabil atau lemah, Anda akan menghadapi masalah Pengetikan Suara Gboard tidak berfungsi lebih sering. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi, harap pastikan untuk memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil. Jika Anda biasanya menggunakan jaringan seluler, Anda dapat beralih ke koneksi Wifi untuk keandalan yang lebih baik.

Metode 3: Aktifkan Pengetikan Suara Google

Agar Google Gboard berfungsi dengan baik, Anda harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Bersamaan dengan ini, Anda harus memastikan tata letak bahasa keyboard sesuai dengan bahasa yang ingin Anda gunakan di Google Voice Typing. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi pengaturan di perangkat Anda dan navigasikan ke bagian Sistem > Bahasa & Input.
  • Di sini gulir ke bawah dan klik kelola keyboard.
  • Di sini pastikan bahasa yang ingin Anda gunakan pada keyboard dan dikte diaktifkan.
  • Klik ya jika ada prompt yang muncul dan mulai ulang perangkat Anda agar berfungsi.

Metode 4: Periksa Sensitivitas Mikrofon

Seringkali mikrofon di perangkat kita menjadi kotor dan dipenuhi partikel debu dan kotoran. Akibatnya, perangkat tidak dapat menangkap sinyal suara dengan jelas dan beberapa fitur lanjutan seperti pengetikan suara Google, tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk memperbaikinya, silakan ambil kapas dan sedikit larutan pembersih untuk membersihkan port mikrofon di perangkat Anda. Port ini biasanya ada di dekat area pengisian daya atau di dekat kamera belakang.

Baca Juga :  Inode Penuh ? Begini Cara Mengosongkan Ruang Disk dan Penggunaan Inode di WordPress

Metode 5: Periksa Izin Mikrofon

Tanpa izin mikrofon yang benar, Keyboard Google tidak akan dapat menerima masukan suara untuk diproses mesin suara-ke-teksnya. Untuk memperbaikinya, Anda harus mengonfigurasi ulang izin mikrofon. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi setelan di perangkat Anda dan arahkan ke bagian Aplikasi > Gboard.
  • Di sini gulir ke bawah dan klik pada tab izin.
  • Sekarang, klik opsi izinkan mikrofon Gboard.
  • Klik ya dan mulai ulang perangkat Anda agar berfungsi.

Metode 6: Nonaktifkan perintah suara Asisten Google

Di sebagian besar ponsel cerdas Android, Asisten Google diaktifkan secara default yang dapat menimbulkan masalah dengan fitur pengetikan suara Gboard. Dalam banyak kasus, Anda akan menemukan bahwa Pengetikan Suara tidak berfungsi sebagaimana mestinya dengan perintah suara Hei, Google (OK, Google) diaktifkan. Untuk memperbaikinya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi setelan di perangkat Anda dan arahkan ke Google > Google Apps > Penelusuran, Asisten & Suara.
  • Gulir ke bawah & klik kecocokan suara.
  • Di sini klik pada tab Asisten Google.
  • Klik tombol matikan untuk menonaktifkan opsi Hai Google.
  • Sekarang, mulai ulang perangkat Anda agar berfungsi.

Metode 7: Unduh bahasa Offline

Jika Anda menggunakan bahasa yang berbeda dari bahasa sistem, misalnya bahasa Inggris. Kemudian Anda harus mengunduh paket bahasa offline untuk membantu pengetikan suara yang cepat. Seringkali ini tidak diperlukan ketika Anda memiliki koneksi internet latensi rendah berkecepatan tinggi, tetapi mengunduh bahasa offline tentu saja membantu menghilangkan masalah Pengetikan Suara Gboard yang tidak berfungsi. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:

  • Buka aplikasi setelan di perangkat Anda dan arahkan ke bagian Aplikasi > Gboard.
  • Di sini gulir ke bawah dan klik tab pengetikan suara.
  • Klik pada opsi Pengenalan ucapan offline.
  • Di sini pastikan Anda mengunduh bahasa yang ingin Anda gunakan dengan pengetikan suara.
  • Setelah selesai, mulai ulang perangkat Anda agar berfungsi.
Baca Juga :  Apa yang Hadir di WordPress 6.3 (Fitur dan Tangkapan Layar)

Metode 8: Perbarui Aplikasi Gboard dari Playstore

Jika tidak ada metode di atas yang berhasil untuk Anda, mungkin itu adalah kasus aplikasi yang salah atau aplikasi yang kedaluwarsa. Seringkali kami tidak memperbarui aplikasi keyboard dan melewatkan pembaruan penting. Jadi, penting bagi kami untuk selalu memperbarui semua aplikasi di perangkat kami.

Untuk memperbarui aplikasi Gboard, buka Play Store dan cari Keyboard Google, lalu klik tombol perbarui. Pembaruan mungkin memerlukan beberapa menit untuk dipasang dan kemudian Anda dapat menikmati fitur pengetikan suara tanpa masalah.

Kesimpulan

Ini membawa kita ke akhir panduan ini untuk memperbaiki masalah Pengetikan Suara Gboard yang tidak berfungsi. Salah satu masalah paling membuat frustrasi yang mungkin dialami pengguna adalah ketika fitur pengetikan suara Gboard tiba-tiba berhenti bekerja. Harap perhatikan bahwa masalah juga dapat muncul karena masalah konektivitas Jaringan, seperti Wi-Fi yang lemah atau sinyal data seluler yang lemah.

Metode di atas akan membantu Anda memperbaiki kerusakan pengetikan suara Gboard pada perangkat Anda. Tidak masalah, jika Anda seorang pelajar, pekerja profesional, atau hanya seseorang yang suka menggunakan input suara, memperbaiki masalah dikte Gboard, pasti akan meningkatkan pengalaman digital Anda dan membuat Anda lebih produktif. Jangan Lupa Kunjugi juga 4 Aplikasi Penghadil Uang Dengan Berbagi Kuota Internet

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *