Bagaimana Membangun Strategi Pemasaran SEO yang Efektif

Setiap penerbit website harus memperhatikan strategi optimasi mesin pencari (SEO) mereka. 53% dari semua lalu lintas web berasal dari penelusuran organik. Angka ini menyiratkan bahwa seorang blogger atau webmaster kehilangan peluang yang layak untuk monetisasi lalu lintas jika mereka tidak mengoptimalkan situs webnya agar mendapat peringkat tinggi di mesin pencari. Strategi pemasaran SEO sangat penting untuk situs web Anda, dan artikel ini akan menunjukkan Bagaimana Membangun Strategi Pemasaran SEO yang Efektif.

Strategi Pemasaran SEO

Apa itu strategi SEO?

Ini adalah rencana umum untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda . Ini adalah rencana untuk membantu situs web Anda mendapat peringkat tinggi untuk permintaan pencarian yang relevan. Katakanlah Anda menjalankan blog yang mengulas ponsel cerdas dan PC. Strategi SEO adalah bagaimana Anda mengatur konten blog Anda agar muncul di Google, Bing, dan mesin pencari populer lainnya ketika orang mencari ponsel cerdas dan PC yang Anda ulas.

Bacaan Lainnya

SEO berbeda dengan pemasaran mesin pencari (SEM) , meskipun orang sering mencampurkan keduanya. SEO adalah tentang mendapatkan traffic tidak berbayar dari mesin pencari, sedangkan SEM berfokus untuk mendapatkan traffic berbayar.

Strategi SEO Seluler

Sebagian besar permintaan pencarian terjadi pada ponsel. Di AS, 61% kueri penelusuran Google berasal dari ponsel cerdas dan tablet; situasinya serupa di negara lain. Angka ini menyiratkan bahwa strategi SEO Anda harus fokus untuk mendapatkan lalu lintas dari perangkat seluler dibandingkan perangkat lainnya. 

Situs web apa pun yang tidak dioptimalkan dengan baik untuk tampilan seluler akan dirugikan dalam permainan SEO. Situs web Anda juga harus dimuat secepat mungkin untuk pengguna seluler, karena kecepatan sangat penting untuk peringkat mesin pencari. Kami akan membahas lebih detail di bagian di bawah ini.

Bagaimana Strategi SEO Anda Terhubung dengan Monetisasi?

Strategi SEO Anda sangat terkait dengan strategi monetisasi situs web Anda . Tanpa strategi yang baik, Anda akan kesulitan menghasilkan lalu lintas organik dan memperoleh pendapatan dari iklan dan media lainnya. 

Kesalahan penempatan iklan juga dapat mempengaruhi peringkat mesin pencari Anda. Misalnya, Google tidak memprioritaskan situs dengan terlalu banyak iklan di satu laman web. Siapa pun yang ingin memperoleh penghasilan besar dari situs webnya harus berupaya keras dalam menciptakan dan menerapkan strategi SEO yang dipikirkan dengan matang.

Mengapa SEO itu Penting

Mesin pencari mengarahkan sebagian besar lalu lintas di web, jadi situs web Anda tidak ada gunanya jika tidak terlihat oleh mesin pencari. SEO membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam kueri penelusuran dan membangun pengakuan jangka panjang untuk merek Anda. Jika orang sering melihat situs Anda saat menelusuri pertanyaan yang relevan, mereka akan menghargai konten Anda dan kemungkinan besar akan merekomendasikannya kepada orang lain.

SEO tetap penting karena membantu Anda menarik audiens dalam jumlah besar yang dapat Anda monetisasi.

Cara Membangun Strategi SEO

Membangun strategi SEO yang efektif melibatkan banyak proses. Mari kita uraikan secara garis besarnya.

  1. Tetapkan sasaran lalu lintas yang dapat dicapai untuk situs web Anda. 
  2. Teliti kata kunci yang ingin Anda targetkan untuk peringkat situs web Anda. 
  3. Tinjau halaman situs web Anda dan tempatkan kata kunci secara strategis di badan, judul, deskripsi meta, URL, dll.
  4. Fokus pada pembuatan konten berkualitas tinggi dengan informasi mendetail yang menjawab pertanyaan pengguna. 
  5. Pastikan situs Anda memiliki antarmuka yang mudah dipahami dan dinavigasi.

Beberapa langkah lain terlibat dalam strategi SEO yang efektif, dan Anda dapat melakukan audit SEO untuk memverifikasi seberapa baik Anda telah menerapkan langkah-langkah ini. Kami akan membahas langkah-langkah ini lebih dalam di bawah.

Anda perlu membaca Panduan SEO WordPress Terbaik Untuk Pemula sebelum menerapkan strategi Anda. Mereka termasuk:

Tentukan Audiens Target Anda

Target audiens mengacu pada kelompok orang tertentu yang menjadi sasaran konten Anda. Anda harus secara tepat menentukan target audiens Anda sebelum meluncurkan strategi SEO Anda. Anda dapat menentukan audiens target Anda dengan banyak metrik, termasuk kelompok usia, pendapatan, jenis kelamin, pekerjaan, hobi, dll. 

Misalnya, jika Anda menjalankan blog teknologi, Anda akan menargetkan audiens tertentu dari negara tertentu seperti Indonesia dan Amerika

Tentukan Sasaran Bisnis dan Metrik Utama Anda

Anda harus secara tepat menentukan tujuan yang ingin Anda capai dari strategi SEO Anda. Misalnya, sasaran Anda mungkin adalah melipatgandakan lalu lintas organik dalam satu tahun atau mengurangi rasio pentalan hingga setengahnya. 

Rencana Anda juga dapat mendorong berbagi konten lintas platform untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda. Apa pun caranya, Anda harus mendalami SEO dengan tujuan yang jelas, bukan ketidakjelasan tentang apa yang ingin Anda capai.

Perencanaan dan Implementasi SEO Langkah Demi Langkah

Di bawah ini, kami akan menguraikan langkah-langkah untuk membuat dan menerapkan strategi optimasi mesin pencari yang efektif. Seperti:

1. Ukur Kinerja SEO Anda saat ini

Catat statistik dan kinerja SEO Anda saat ini. Tindakan ini akan membantu Anda melihat mana yang berhasil dan mana yang tidak. 

Garis dasar yang harus diperhatikan meliputi

  • Lalu lintas organik
  • Peringkat kata kunci
  • Tautan Balik

Lalu Lintas Organik

Lalu lintas organik mengacu pada lalu lintas tidak berbayar. Ini mengukur berapa banyak pengunjung yang datang ke situs Anda dari hasil mesin pencari yang tidak Anda bayar. Alat Google Analytics 4 (GA4) gratis adalah cara paling populer untuk memeriksa lalu lintas organik. Alat ini akan memecah lalu lintas Anda menjadi beberapa bagian yang dapat Anda pahami. Ini akan memberi tahu Anda dengan tepat berapa banyak tampilan halaman yang berasal dari mesin pencari individual seperti Google, Bing, dan DuckDuckGo. 

Baca Juga :  Memeriksa Optimasi SEO untuk Situs Web Anda dengan Mudah

Ada banyak alternatif lain selain GA4, jadi Anda tidak perlu bingung dengan hal ini.

Cek Lalu Lintas Google Analytics
Pengecekan lalu lintas Google Analytics

Peringkat Kata Kunci

Metrik ini mengacu pada seberapa tinggi peringkat situs web Anda ketika orang mencari kata kunci tertentu. Kata kunci adalah dasar dari optimasi mesin pencari; Anda harus menargetkan peringkat situs Anda tinggi untuk kata kunci spesifik yang sering dicari orang.

Anda dapat memeriksa peringkat kata kunci Anda dengan Google Analytics atau alat pengukuran lalu lintas lainnya.

Backlink

Backlink adalah link masuk ke website Anda dari website lain. Semakin banyak backlink yang mengarah ke situs Anda, semakin populer situs tersebut, dan semakin banyak mesin pencari yang menyarankannya. Tautan balik adalah mosi percaya yang membuktikan situs web Anda dapat dipercaya dan dapat diandalkan.
Alat pengukuran lalu lintas, misalnya Google Search Console , dapat menunjukkan jumlah backlink yang mengarah ke situs web Anda dan dari domain mana.

2. Periksa Strategi SEO Pesaing Anda

Cara termudah untuk membuat strategi SEO yang efektif adalah dengan memeriksa apa yang sudah berhasil untuk orang lain. Analisis bagaimana pesaing Anda menerapkan strategi optimasi mesin pencari mereka; itu akan memberi Anda petunjuk bagus tentang apa yang harus Anda lakukan. Kata kunci apa yang mereka targetkan? Seberapa sering mereka memposting? Seberapa cepat situs web mereka? Dll. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi pesaing utama di niche Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis pertukangan kayu di kota besar, kemungkinan besar Anda akan memiliki lusinan pesaing di lokasi yang sama. Buatlah daftar pesaing terbesar Anda dan gunakan itu sebagai panduan.

Setelah mengidentifikasi pesaing Anda, periksa kata kunci apa yang sering mereka sertakan di situs web mereka. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi kata kunci serupa yang akan ditargetkan.

Anda juga harus mengaudit backlink pesaing Anda. Dari situs web mana mereka mendapatkan backlink, dan mengapa? Bisa jadi mereka membuat postingan blog menarik yang sering ditautkan orang. 

Namun, perlu diingat bahwa gagasan menganalisis strategi SEO pesaing Anda bukanlah untuk meniru strategi tersebut secara kata demi kata. Sebaliknya, ini adalah untuk mengidentifikasi titik lemah mereka dan di mana Anda bisa mengungguli mereka.

3. Tetapkan Indikator Kinerja Utama

Pendekatan SEO Anda harus tepat, dengan tujuan yang jelas. Anda harus menetapkan indikator kinerja utama yang memungkinkan Anda mengevaluasi kemajuan tujuan Anda. 

Misalnya, jika sasaran Anda adalah meningkatkan durasi rata-rata kunjungan situs web, maka KPI yang harus diperhatikan adalah Waktu Keterlibatan Rata-Rata. Demikian pula, jika sasaran Anda adalah menggandakan lalu lintas organik dalam tahun depan, KPI yang harus diperhatikan adalah rata-rata rasio klik-tayang (RKT) untuk tayangan mesin telusur.

4. Audit Konten Anda

Audit melibatkan analisis konten situs web Anda untuk menemukan area yang perlu ditingkatkan. Ini membantu Anda memahami di mana situs Anda berkinerja baik dan di mana tidak. Bagian penting dari audit meliputi:

  • Mengidentifikasi halaman yang menghasilkan sedikit lalu lintas untuk situs web Anda . Anda dapat mengoptimalkan halaman ini dengan memasukkan kata kunci yang relevan dan memantau apakah lalu lintas meningkat. 
  • Periksa masalah pengindeksan . Cari tahu apakah situs web Anda memiliki masalah pengindeksan dengan mesin pencari. Terkadang, crawler mesin pencari kesulitan mengindeks situs Anda karena tidak ada peta situs. Anda dapat membuat dan menambahkan peta situs ke file “robots.txt” untuk pengindeksan.
Sitemaps ke Google Search Console
Anda dapat mengirimkan sitemap ke Google Search Console untuk mengindeks situs web Anda dengan lebih baik.
  • Periksa kesesuaian untuk seluler . Pastikan situs web Anda dioptimalkan untuk tampilan seluler. Teks dan grafik harus dapat dibaca di perangkat seluler, atau Anda berisiko membuat pengguna menjauh. 
  • Periksa tautan internal . Anda harus menyertakan tautan internal yang relevan ke halaman lain di situs Anda. Tautan internal meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda dan membantu mesin telusur merayapi situs web Anda dengan lebih baik. 
Internal dan External Links
Google Search Console dapat membantu Anda menemukan tautan internal dan eksternal.

5. Bangun kelompok topik

Kelompok topik adalah kelompok halaman web yang mencakup topik tertentu. Mereka membantu mesin pencari memvalidasi otoritas situs web Anda seputar topik tertentu. Mereka terdiri dari tiga bagian utama:

  • Halaman “pilar” untuk topik tersebut. 
  • Sebuah “cluster” halaman yang mencakup subtopik.
  • Tautan internal antara pilar dan cluster.

Misalnya, topik pilar Anda dapat berupa “ponsel Android”. Cluster Anda akan berisi ulasan tentang ponsel Android yang berbeda. Pilar tersebut akan berisi link ke artikel cluster. Artikel cluster juga akan saling terhubung satu sama lain. Cluster topik ini membantu mesin telusur memahami bahwa Anda adalah situs ulasan gadget dan membantu artikel Anda mendapat peringkat tinggi ketika orang menelusuri informasi tentang ponsel cerdas yang Anda ulas.

6. Tingkatkan SEO Pada Halaman Anda

SEO pada halaman mengacu pada mengoptimalkan konten halaman web Anda agar mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari dan menghasilkan lalu lintas. Pengoptimalan pada halaman sangat penting untuk keseluruhan strategi SEO Anda. Aspek optimasi pada halaman meliputi:

  • Tulis konten eksklusif dan unik yang sulit ditemukan orang di tempat lain. Faktor ini meningkatkan kemungkinan mesin pencari merekomendasikan situs Anda. 
  • Tempatkan kata kunci short tail dan long tail yang relevan di seluruh artikel Anda. Anda harus menempatkan kata kunci secara alami dan di tempat yang diperlukan. Hindari penjejalan kata kunci, yaitu menempatkan kata kunci demi kata kunci di area yang tidak relevan.
  • Optimalkan tag judul . Tag judul adalah kode HTML yang menunjukkan judul halaman web. Begitulah cara mesin pencari memahami isi halaman web Anda. Tag judul Anda harus tepat dan lugas.
  • Tulis deskripsi meta yang menarik , yang akan dilihat pengguna saat laman web Anda muncul di mesin telusur. Deskripsi meta sangat penting bagi pengguna untuk mengklik halaman Anda ketika halaman tersebut muncul di hasil pencarian. 
  • Gunakan judul dan subjudul untuk menyusun konten Anda . Tindakan ini memudahkan mesin pencari untuk memahami hierarki halaman Anda dan pembaca untuk memahami konten Anda dengan cepat. 
  • Optimalkan URL Anda sesingkat mungkin dan sertakan kata kunci yang relevan. Tema situs web sering kali menggunakan URL halus secara default, namun Anda dapat menyesuaikan URL Anda dengan tepat. 
  • Tambahkan tautan internal dan eksternal . Anda harus menambahkan tautan internal yang relevan untuk mengarahkan pembaca ke lebih banyak halaman di situs Anda. Anda juga harus menambahkan tautan ke sumber eksternal resmi untuk memberikan lebih banyak konteks kepada pembaca Anda.
  • Optimalkan gambar Anda . Tulis teks alternatif deskriptif untuk gambar Anda karena membantu mesin pencari memahami dan mengetahui kapan harus menyarankannya.  
Baca Juga :  Panduan SEO WordPress Terbaik Untuk Pemula

7. Identifikasi dan Selesaikan Masalah Teknis SEO

SEO pada dasarnya bersifat teknis. Perayap mesin pencari tidak memahami maksud manusia. Sebaliknya, mereka memahami aspek teknis situs web Anda yang Anda tentukan untuk mereka. Aspek penting dari SEO teknis meliputi

  • File robots.txt . File yang Anda unggah ke situs web Anda memberi tahu perayap mesin telusur URL mana yang harus dirayapi dan apa yang tidak boleh dirayapi. Ini mendefinisikan halaman yang dapat dan tidak dapat diakses oleh crawler. File robots.txt mencegah bot mesin pencari membebani situs Anda secara berlebihan dan mengindeks halaman yang tidak dimaksudkan untuk dilihat publik.
  • Markup skema . Ini mengacu pada kode HTML yang mendefinisikan elemen di situs web Anda dengan cara yang dapat dipahami oleh crawler mesin pencari. Ini membantu perayap mesin telusur memahami konten Anda dan menyajikannya dengan lebih baik di hasil penelusuran. Anda harus menyertakan markup skema di situs web Anda untuk membantu peringkatnya lebih tinggi di mesin pencari. 
  • Hasilkan peta situs XML dan tambahkan ke file robots.txt Anda. Peta Situs memberikan informasi tentang halaman web Anda dan hubungan di antara halaman tersebut, memungkinkan mesin pencari merayapi situs web Anda secara akurat. 
  • Pastikan pengalihan halaman Anda berfungsi dengan sempurna. Jika tidak, hal ini akan membingungkan perayap mesin telusur dan menyebabkan mereka menurunkan prioritas situs web Anda.

8. Perhatikan SEO off-page Anda

SEO di luar halaman mengacu pada tindakan yang Anda ambil di luar situs web Anda untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Aspek penting meliputi

  • Bangun tautan balik untuk situs web Anda. Tautan balik penting karena memberi sinyal kepada mesin telusur bahwa situs web Anda adalah sumber yang berwibawa dan tepercaya, sehingga membuat mereka lebih mungkin menyarankan laman Anda.
  • Tingkatkan keterlibatan dan berbagi melalui platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Reddit, dll.
  • Selenggarakan acara untuk meningkatkan kesadaran merek untuk situs web Anda.
  • Membalas ulasan situs web pada platform pihak ketiga. 

Analisis dan Ubah Strategi SEO Anda

Anda tidak bisa begitu saja menerapkan langkah-langkah di atas dan menghentikannya. Peringkat tinggi di mesin pencari adalah aktivitas yang berkelanjutan. Persyaratan dan algoritme sering berubah, jadi Anda harus melakukan perubahan secara rutin untuk mempertahankan peringkat yang baik.
Selalu tinjau strategi SEO Anda untuk melihat apa yang perlu ditingkatkan. Ikuti perkembangan perubahan algoritmik dari mesin pencari, khususnya Google. Gunakan alat SEO untuk membantu mengidentifikasi tempat untuk meningkatkan situs web Anda dan menghasilkan lalu lintas yang lebih tinggi.

Strategi Konten SEO

Pembuatan konten adalah bagian penting dari strategi SEO Anda. Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat konten bagus yang akan menarik lalu lintas organik ke situs web Anda:

1. Buat Daftar Topik Potensial

Buatlah daftar topik relevan yang ingin Anda liput. Cari topik yang terkait dengan bisnis Anda. Misalnya, Anda menjalankan perusahaan instalasi listrik. Dalam hal ini, Anda dapat memilih topik seperti “Masalah listrik yang umum di rumah”, “Cara mengoptimalkan peralatan Anda agar menggunakan lebih sedikit listrik”, “Cara mencegah lonjakan listrik”, dll. Topik-topik ini relevan dengan bisnis Anda dan akan menarik jenis pembaca yang tertarik dengan layanan Anda.

2. Buatlah Daftar Kata Kunci Long Tail untuk topik pilihan Anda

Kata kunci long tail adalah permintaan pencarian yang spesifik. Mereka mendapatkan volume pencarian yang relatif rendah tetapi mewakili peluang terbaik Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari. Ada terlalu banyak persaingan untuk permintaan pencarian populer, sehingga kata kunci long tail lebih aman.

Dalam contoh menjalankan formulir instalasi listrik di atas, kata kunci long tail dapat berupa “Bagaimana cara mengetahui apakah kompresor lemari es saya rusak?” Permintaan pencarian spesifik ini dapat menghasilkan lalu lintas organik untuk situs web Anda.

Anda dapat menggunakan saran Google dan alat kata kunci terkait untuk menemukan kata kunci long tail yang sesuai untuk ditargetkan.

3. Buat Halaman Untuk Setiap Topik

Anda harus membuat halaman khusus untuk berbagai topik yang Anda temukan. Ingat kelompok topik; Anda dapat menggunakan satu halaman sebagai pilar dan halaman lainnya sebagai cluster, dengan tautan internal di antara keduanya.

4. Buat Blog

Blogging adalah cara termudah agar situs web Anda mendapat peringkat tinggi di mesin pencari. Pertimbangkan untuk membuat blog jika bisnis Anda tidak memilikinya. Kabar baiknya adalah Anda dapat menggunakan alat yang sudah jadi seperti WordPress, Wix, Weebly, dll. Setelah membuat blog, Anda dapat mempublikasikan postingan tentang topik yang relevan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dari mesin pencari.

Anda sebaiknya memilih platform blog yang memudahkan monetisasi konten, misalnya WordPress dan Blogger . Anda dapat dengan mudah menautkan situs WordPress atau Blogger Anda ke jaringan iklan dan menghasilkan uang sambil fokus membuat konten. 

5. Buat Jadwal Blogging yang Konsisten

Memposting konten baru sering kali memainkan peran penting dalam peringkat mesin pencari Anda. Mesin pencari menyukai situs web yang diperbarui secara berkala, karena ini menandakan kepercayaan dan keterlibatan dengan pembaca. Anda harus memposting setidaknya sekali seminggu di blog Anda. Anda dapat melihat tips kami tentang Panduan SEO WordPress Terbaik Untuk Pemula dan cara Memperkenalkan Ekstensi Chrome Baru dengan All in One SEO: Analisis SEO Anda dalam Satu Klik . 

6. Siapkan Strategi Membangun Tautan

Anda perlu memikirkan strategi untuk menarik tautan masuk ke blog Anda, karena ini meningkatkan reputasi situs Anda di mesin pencari. Anda dapat bertukar backlink dengan website lain untuk memulai. Anda juga dapat mendekati blog otoritatif lainnya untuk mendapatkan peluang posting tamu dan menyertakan tautan ke situs web Anda.

7. Kompres File Sebelum Diunggah

Ukuran gambar dan video mempengaruhi kecepatan website. Semakin berat suatu elemen grafis, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memuatnya, terutama pada perangkat seluler. Anda harus mengompresi gambar dan video Anda sebelum mengunggahnya ke situs web Anda. Versi terkompresi sebaiknya dalam kilobyte, bukan megabyte. Anda dapat mengompresi visual tanpa mengorbankan kualitas secara signifikan, sehingga membantu Anda meningkatkan kecepatan situs web Anda.

8. Hati-hati Dengan Pembaruan SEO

Dunia SEO terus berkembang. Anda harus mewaspadai tren baru di industri ini dan memastikan Anda terus beradaptasi dengannya. Berlangganan blog dan buletin SEO. Ikuti blog perusahaan dari Google dan mesin pencari populer lainnya untuk mendapatkan informasi terbaru tentang perubahan algoritmik. Orang yang tidak beradaptasi akan tertinggal.

9. Evaluasi Keberhasilan Konten Anda

Anda perlu terus memantau kinerja lalu lintas Anda untuk memahami keberhasilan strategi SEO Anda. Anda dapat menggunakan Google Analytics atau banyak alat serupa untuk mengukur lalu lintas situs web Anda dengan cermat. SEO adalah proses yang berkesinambungan, bukan hanya sekali saja.

Aspek Lain dari Strategi SEO Anda

Strategi SEO mencakup area lain di luar postingan blog dan pembuatan konten. Mereka termasuk:

Baca Juga :  10 Software Terbaik Untuk Meningkatkan Bisnis di Tahun 2024

SEO Lokal

Aspek ini melibatkan pengoptimalan kehadiran bisnis Anda agar muncul di hasil pencarian lokal. Misalkan Anda menjalankan bisnis pipa ledeng di Chicago. Sasaran Anda adalah muncul setiap kali seseorang di Chicago mengetik “layanan pipa ledeng di dekat saya”. SEO lokal memungkinkan hal ini.

Kabar baiknya adalah Google dan mesin pencari lainnya memudahkan pembuatan profil bisnis. Anda akan mencantumkan detail Anda di profil bisnis Anda, termasuk nomor telepon, email, dan alamat fisik. Detail ini memudahkan orang-orang di wilayah Anda mengetahui tentang bisnis Anda.

 

SEO Lokal
Contoh Profil Bisnis yang muncul di penelusuran yang dilokalkan. 

Strategi SEO Video

SEO Video berarti mengoptimalkan video situs web Anda agar diindeks oleh mesin pencari dan mendapat peringkat tinggi untuk kata kunci yang relevan. Aspek penting dari SEO video meliputi

  • Gunakan gambar mini yang menarik dan menarik secara visual.
  • Buat judul dan deskripsi meta yang menarik untuk video Anda, seperti yang Anda lakukan untuk halaman situs web.
  • Jangan menyematkan satu video di beberapa halaman; ini membingungkan crawler mesin pencari.
  • Sisipkan transkrip di samping video Anda untuk memberikan konten teks tambahan ke mesin pencari.

Pengoptimalan pencarian suara

Semakin banyak orang kini mencari konten melalui pengenalan suara. Oleh karena itu, Anda harus mengoptimalkan konten Anda agar muncul di hasil pencarian suara. Kuncinya adalah menggunakan bahasa percakapan dalam postingan Anda. Tulislah seolah-olah Anda sedang berbicara langsung kepada audiens dan bercakap-cakap. Anda juga harus memasukkan kata kunci relevan yang sering dicari orang. Demikian pula, gunakan markup skema untuk membantu mesin pencari memahami konten Anda.

UX dan SEO

Pengalaman pengguna (UX) sangat penting untuk optimasi mesin pencari. Mesin pencari mempertimbangkan seberapa baik konten Anda diatur dan apakah situs web Anda mendorong keterlibatan pengguna. Faktor-faktor penting yang harus diperhatikan

  • Kecepatan halaman . Situs web Anda harus dimuat secepat mungkin. Situs web yang lambat memiliki rasio pentalan yang tinggi, yang berarti peringkat mesin pencari lebih buruk.
  • Pengoptimalan seluler . Seperti yang berulang kali disebutkan, situs web Anda harus dioptimalkan untuk tampilan seluler.
Google menawarkan alat gratis untuk menguji kesesuaian situs web Anda untuk seluler;

https://search.google.com/test/mobile-friendly
  • Tautan internal memungkinkan perayap mesin pencari berpindah dari halaman ke halaman saat mengindeks situs web Anda.
  • Organisasi konten . Konten Anda harus diatur sedemikian rupa sehingga mudah dibaca dan dipahami.

Contoh Strategi SEO

Berikut adalah contoh ilustratif strategi SEO yang sukses untuk penerbit yang berbasis di Indonesia. Erlangga adalah nama bisnis ini.

Pembuatan Konten

Penerbit Erlangga membuat blog di situs resminya. Perusahaan memeriksa kata kunci relevan yang akan menarik lalu lintas ke situs webnya. Kata kunci ekor panjang yang diidentifikasi termasuk

  • “Buku Sejarah Penerbit Erlangga”
  • “Pemilik Penerbit Erlangga”
  • “Kisah Pendiri Penerbit Erlangga”
  • “Penghargaan yang Diperoleh Penerbit Erlangga”

Penerbit Erlangga membuat postingan blog tentang kata kunci di atas. Setiap kali orang mencari kata kunci ini, Google merekomendasikan postingan blog yang diterbitkan Penerbit Erlangga Tersebut. Postingan ini memiliki deskripsi meta, visual, dan tag judul yang menarik.

Banyak orang mengunjungi postingan blog ini, dan sebagian besar pengunjung mengeklik tautan internal atau membuka beranda Penerbit Erlangga dan Penerbit Erlangga menghasilkan penjualan online yang signifikan dari strategi SEO ini.

Backlink

Penerbit Erlangga mendapat backlink dari beberapa website karena artikelnya yang informatif. Itu juga mendapat tautan balik dengan posting tamu di situs web terkait buku lainnya. backlink ini memberikan situs web Penerbit Erlangga reputasi yang lebih tinggi di mesin pencari.

SEO Lokal

Penerbit Erlangga mengoperasikan toko fisik di samping toko online. Oleh karena itu, perusahaan harus memastikan profil bisnisnya muncul di mesin pencari. Ini membuat daftar terperinci di Google Bisnisku dan Bing Places . Oleh karena itu, siapa pun yang menelusuri “Penerbit Erlangga Terdekat” kemungkinan besar akan mendapat saran untuk mengunjungi Penerbit Erlangga. SEO lokal mendorong penjualan langsung yang signifikan bagi perusahaan.

Perubahan dan Pembaruan

Staf pemasaran di Penerbit Erlangga terus mengetahui perubahan algoritme dan menyesuaikan strategi konten mereka bila diperlukan. Mereka juga mengadakan acara tatap muka untuk meningkatkan kesadaran merek, misalnya SEO di luar halaman. 

Di atas adalah contoh strategi SEO yang sukses untuk Penerbit Erlangga. Proses serupa diperlukan bagi banyak bisnis lain untuk berhasil dengan pemasaran mesin pencari.

Strategi pemasaran SEO — FAQ

FAQStrategi pemasaran SEO

Apa saja 5 pilar SEO?

Lima pilar SEO adalah dasar, teknis, konten, pembuatan tautan, dan daftar bisnis. Kelima pilar ini sangat penting untuk membangun strategi SEO yang efektif untuk situs web Anda. Mengabaikan salah satu dari ini berarti strategi SEO Anda tidak lengkap dan mungkin tidak memberikan hasil yang diharapkan.

Dasar : Memenuhi standar mesin pencari untuk mengindeks situs web Anda.

Teknis : Mengoptimalkan situs web Anda untuk kecepatan dan kinerja maksimal.

Content : Membuat konten yang relevan dan informatif untuk menarik pembaca.

Pembuatan tautan : Mengumpulkan tautan balik ke situs web Anda dari situs web resmi lainnya.

Cantuman bisnis : Memastikan orang dapat menemukan informasi kontak bisnis Anda secara online.

Berapa lama strategi SEO menunjukkan hasilnya?

Anda memerlukan setidaknya enam bulan agar strategi SEO Anda menunjukkan hasil yang baik. Terkadang, diperlukan waktu hingga 12 bulan agar strategi SEO Anda mulai menunjukkan dampak. Angka ini menyiratkan bahwa SEO adalah permainan pasien. Jangan terburu-buru untuk melihat hasilnya. Ambil selangkah demi selangkah dan tunggu sebentar hingga pekerjaan Anda membuahkan hasil. 

Jika Anda tidak melihat hasil yang baik setelah enam bulan, ini merupakan sinyal untuk mengubah strategi Anda.

Apakah ada strategi SEO yang dapat berdampak negatif pada peringkat situs web saya?

Ya. Beberapa pemilik situs web menggunakan teknik “Topi Hitam” untuk meningkatkan peringkat mesin pencari mereka dan melanggar pedoman mesin pencari. Hal ini mungkin tampak baik dalam jangka pendek, namun berdampak negatif dalam jangka panjang. Contoh teknik Black Hat termasuk penggunaan teks tersembunyi, penjejalan kata kunci, plagiarisme, dan pengalihan yang menyesatkan.

Haruskah saya lebih fokus pada SEO on-page atau SEO off-page dalam strategi saya?

Anda tidak boleh lebih fokus pada satu hal daripada yang lain. Kedua aspek tersebut sama-sama penting dalam mendongkrak peringkat mesin pencari dan mendapatkan trafik organik. Pengoptimalan mesin pencari Anda harus memberikan perhatian mendalam pada teknik on-page dan off-page untuk membuat peringkat situs Anda setinggi mungkin.

Kesimpulan

Pengoptimalan mesin pencari tidak dapat dinegosiasikan bagi pemilik situs web. Jika Anda mengabaikan SEO, situs web Anda tidak akan mendapatkan lalu lintas dan pendapatan, yang berarti usaha Anda tidak akan membuahkan hasil. Kami telah menjelaskan cara membuat dan menerapkan strategi optimasi pencarian yang efektif. Ikuti tips kami, dan kemungkinan besar Anda akan mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *