Apa itu 414 Request URI Too Long Error dan Cara Memperbaikinya

Pernahkah Anda mengalami 414 request URI too long error di situs WordPress Anda?

Kesalahan 414 Request URI Too Long Error ini biasanya terjadi ketika ada kesalahan kritis antara browser web Anda dan server. Anda akan melihat kesalahan ini saat mengeklik tautan atau tindakan apa pun yang dilakukan oleh plugin WordPress.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda apa kesalahan ‘414 request URI too long’ dan bagaimana cara memperbaikinya.

414 Request URI Too Long Error

Apa itu 414 Request URI Too Long Error?

Kesalahan 414 Request URI Too Long Error terjadi saat URL atau tindakan yang Anda minta terlalu lama untuk ditangani oleh server.

Perhatikan bahwa ada perbedaan antara URI dan URL. URI atau Uniform Resource Identifier dapat berupa nama sumber daya, lokasi, atau keduanya. Di sisi lain, URL atau Uniform Resource Locator hanya dapat menjadi lokasi sumber daya.

Kedua istilah tersebut biasanya digunakan secara bergantian karena URL merupakan bagian dari URI. Namun, error 414 dapat dipicu oleh kedua komponen tersebut, jadi mari kita lihat penyebabnya.

Apa Penyebab 414 Request URI Too Long Error?

Anda mungkin melihat kesalahan 414 saat mengeklik tautan, dan server tidak dapat memprosesnya karena terlalu lama.

Satu situasi di mana tautan mungkin terlalu lama menggunakan parameter UTM (Urchin Tracking Module). Jika Anda menggunakan kode UTM untuk melacak konversi di situs web WordPress Anda dan ada banyak parameter di URL, ini dapat menyebabkan kesalahan ini.

Situasi lain yang dapat menyebabkan error 414 adalah redirect loop. Ini adalah saat kesalahan konfigurasi atau pengaturan di plugin WordPress menyebabkan banyak permintaan pengalihan.

Baca Juga :  Cara Menonaktifkan Notifikasi Email Pembaruan Otomatis di WordPress

Akibatnya, Anda mendapatkan URL yang sangat lama di load dan kesalahan 414 Request URI Too Long Error.

Demikian pula, beberapa plugin juga dapat menghasilkan 414 Request URI Too Long Error. Anda kemungkinan besar akan menemukan kesalahan ini jika Anda menginstal plugin keamanan WordPress all-in-one di situs Anda.

Dalam kejadian yang jarang terjadi, masalah sisi pengembang juga dapat memicu kesalahan 414 saat permintaan POST diubah menjadi permintaan GET dengan informasi kueri yang terlalu lama. Terakhir, serangan dunia maya di server situs web Anda juga dapat mengakibatkan masalah 414 URI terlalu lama.

Yang mengatakan, mari kita lihat bagaimana Anda dapat memperbaiki kesalahan 414 di situs web WordPress Anda.

Memperbaiki 414 Request URI Too Long Error

Cara cepat untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan meningkatkan ukuran URI yang dapat diproses oleh server situs web Anda.

Sebelum kami melanjutkan, kami sarankan untuk membuat cadangan WordPress. Itu karena memperbaiki kesalahan 414 melibatkan pengeditan file konfigurasi situs web. Jika terjadi kesalahan, Anda akan memiliki salinan cadangan situs Anda yang siap dipulihkan.

Untuk detail lebih lanjut, silakan lihat panduan kami di cara membuat cadangan situs WordPress.

Tentukan apakah Situs Web Anda Menggunakan Apache atau Nginx

Pertama, Anda harus mengetahui jenis server yang digunakan situs web WordPress Anda. Ada 2 jenis server utama, yang meliputi Apache dan Nginx.

Cara sederhana untuk melakukannya adalah dengan membuka situs Anda di browser. Setelah itu, Anda dapat mengklik kanan beranda dan memilih opsi ‘Inspeksi’.

Situs Web Menggunakan Apache atau Nginx

Selanjutnya, Anda harus beralih ke tab ‘Jaringan’ di bagian atas.

Dari sini, Anda dapat memilih elemen apa pun di bawah kolom Nama. Setelah itu, Anda perlu menggulir ke bawah ke bagian ‘Header Respons’ dan melihat detail ‘Server’.

Baca Juga :  Memeriksa Optimasi SEO untuk Situs Web Anda dengan Mudah
Lihat jenis server situs Anda

Ini akan menunjukkan apakah situs Anda menggunakan Nginx atau Apache.

Jika Anda masih tidak yakin jenis server mana yang akan digunakan, Anda dapat menghubungi penyedia hosting WordPress Anda untuk mendapatkan detail lebih lanjut.

Setelah Anda menentukan jenis server, mari kita lihat cara memperbaiki 414 request URI too long error untuk Apache dan Nginx.

Memperbaiki Error 414 Request URI Too Long di Nginx

Pertama, Anda memerlukan FTP atau klien protokol transfer file untuk mengakses file konfigurasi situs web.

Ada banyak klien FTP yang dapat Anda gunakan. Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan Filezilla. Jika Anda memerlukan bantuan untuk menyiapkan FTP dan mengakses file situs web, silakan lihat panduan kami tentang cara menggunakan FTP untuk mengunggah file ke WordPress.

Setelah masuk, Anda harus mengunduh file ‘nginx.conf’. Anda dapat mengakses ini dengan mengikuti jalur ini: /etc/nginx/nginx.conf

Akses file Nginx

Setelah menemukan file, lanjutkan dan unduh di komputer Anda lalu buka di perangkat lunak notepad.

Dari sini, Anda dapat mencari large_client_header_buffer 4 8K pengaturan. Jika tidak ada, cukup tambahkan ke akhir file.

Anda akan melihat 2 set nilai, yang berhubungan dengan angka dan ukuran. Cukup edit ukurannya dari 8K ke 128K. Ini akan meningkatkan ukuran URI dan memungkinkan server situs memproses 414 Request URI Too Long Error.

Tingkatkan ukuran URI di Nginx

Setelah selesai, cukup simpan file teks dan unggah kembali ke situs web Anda menggunakan klien FTP.

Untuk detail lebih lanjut, silakan lihat panduan kami tentang cara menggunakan FTP untuk mengunggah file ke WordPress.

Memperbaiki Error 414 Request URI Too Long di Apache

Jika Anda menggunakan tipe server Apache, maka prosesnya mirip dengan Nginx. Pertama, Anda memerlukan klien FTP untuk mengakses file situs web.

Baca Juga :  8 Cara Atasi Gboard Tidak Berfungsi

Setelah masuk, Anda harus mencari file ‘apache2.conf’. Cukup buka jalur berikut menggunakan klien FTP: /etc/apache2/apache2.conf

Akses file konfigurasi apache

Selanjutnya, Anda harus mengunduh file dan membukanya di perangkat lunak notepad.

Setelah itu, Anda bisa mencari LimitRequestLine 128000 pengaturan. Jika Anda tidak melihatnya, cukup tambahkan ke akhir file.

Biasanya, LimitRequestLine disetel ke 128000. Namun, Anda dapat meningkatkannya menjadi 256000 atau lebih tinggi untuk menghapus kesalahan 414. Pastikan saja bahwa nilai yang Anda tetapkan adalah kelipatan 2.

Tingkatkan ukuran URI di apache

Setelah selesai, cukup unggah file kembali ke situs web menggunakan klien FTP. Ini akan membantu menyelesaikan kesalahan 414 di situs web WordPress Anda.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari tentang apa itu kesalahan 414 Request URI Too Long Error dan cara memperbaikinya. Anda mungkin juga ingin melihat panduan kami tentang Inode Cara Mengosongkan Ruang Disk dan Penggunaan Inode di WordPress.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *